Jumat, 15 April 2016



I. LATAR BELAKANG
PT. PINDAD merupakan salahsatu BUMN besardi bidang casting di Indonesia.PT.PINDAD adalah salah satu perusahaan besar di Indonesia yang memproduksi senjata.Dalam pemilihan PT. PINDAD sebagai objek penelitian, kami mempertimbangkankesinambungan jurusan kami Teknik Industri dengan matakuliah yang sedang kami ambil Psikologi Industri. Semua perusahaan besar tentu membutuhkan manajemen yang baik dan sehat.Sebagai perusahaan manufaktur yang menyediakan berbagai produk mesin seperti generator dan senjata untuk militer, PT. PINDAD telah sukses memproduksi berbagai senjata ringan yang sudah digunakan TNI dan Polri. Oleh sebab itu, kami sangat tertarik untuk melihatdan mempelajari sistem manajemen di PT. PINDAD.

 II. TUJUAN
 Tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mempelajari sistem manajemen di PT. PINDAD. Selain itu, tujuan kami yang lain adalah untuk mengetahui aplikasi sistem manajemen yang diajarkan di perkuliahan dalam dunia kerja. Dalam pembuatan makalah ini, kami melihat sistem manajemen pada PT. PINDAD secara keseluruhan.

 III.METODE PENELITIAN
Metode penelitian yang kami lakukan untuk meneliti sistem manajemen di PT.PINDAD adalah dengan wawancara.

 IV.PEMBAHASAN
 Sejarah Singkat PT. PINDAD adalah Perusahaan Industri Manufaktur Indonesia yang bergerak dalam bidang Produk Militer dan Produk Komersial. Kegiatan PT. PINDAD mencakup desain dan pengembangan, rekayasa, perakitan dan Pabrikan serta perawatan. Berdiripada tahun 1908 sebagai bengkel peralatan militer di Surabaya dengan nama ArtillerieConstructie Winkel (ACW), bengkel ini berkembang menjadi sebuah pabrik dansesudah mengalami perubahan nama pengelola menjadi Artillerie Inrichtingen (AI)kemudian dipindahkan lokasinya ke Bandung pada tahun 1923. Pada tahun 1942, dimasa penjajahan Jepang, namanya berganti menjadi Dai Ichi Kozo (DIK) dan padatahun 1947 berganti nama menjadi Leger Productie Bedrijven (LPB).Setelah kemerdekaan, Pemerintah Belanda pada tahun 1950 menyerahkanpabrik tersebut kepada Pemerintah Indonesia, dan pada tanggal 29 April 1950, yang selanjutnya diperingati sebagai hari jadi Perusahaan, pabrik tersebut diberi nama Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) yang berlokasi di PT. PINDAD sekarang ini. Pada tahun1962 Pabrik Senjata dan Mesiu (PSM) berubah menjadi sebuah industri alat peralatanmiliter yang dikelola oleh Angkatan Darat, sehingga namanya menjadi PerindustrianAngkatan Darat (PINDAD).PT. PINDAD berubah status menjadi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengannama PT. PINDAD (Persero) pada tanggak 29 April 1983, kemudian pada tahun 1989perusahaan ini berada dibawah pembinaan Badan Pengelola Industri Strategis (BPIS)yang kemudian pada tahun 1999 berubah menjadi PT. Prakarya Industri (Persero) dankemudian berubah lagi namanya menjadi PT. Bahana Prakarya Industri Strategis(Persero). Tahun 2002 PT. BPIS (Persero) dibubarkan oleh Pemerintah, dan sejak ituPT. PINDAD beralih status menjadi PT. PINDAD (Persero) yang langsung beradadibawah pembinaan Kementerian Negara BUMN (KN-BUMN). VISI DAN MISI PT.PINDAD Visi Perusahaan : Menjadi produsen peralatan pertahanan dan keamanan terkemuka di Asia pada tahun 2023, melalui upaya inovasi produk dan kemitraan strategik. Misi Perusahaan : Melaksanakan usaha terpadu di bidang peralatan pertahanan dan keamanan serta peralatan industrial untuk mendukung pembangunan nasional dan secara khusus untuk mendukung pertahanan dan keamanan negara. PRODUK DAN LAYANAN : 1.Senjata -Senapan Serbu - Senapan mesin - Pistol - Pistol mitraliur - Senapan produk -Meriam Howtizer Kendaraan militer : - pindad Anoa - pindad APS - Pindad Anoa - Rantis Komodo - Combat Vechicle Tempa dan Cor : - mesin listrik - sistem pengereman kereta api - peralaan kapal laut - jasa pemesinan.

 V. KESIMPULAN
 PT.PINDAD adalah perusahaan Industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia.Saat ini proses produksi PT.PINDAD dilaksanakan di 2 tempat : 1.Divisi Amunisi d Turen Kabupaten Malang, Jawa Tiur. Pabrik ini menempat lahan seluas 166 hektar. 2. Divisi Senjata, Divisi Mekanikal, Divisi Elektrikal, Divisi Forging,&Casting, Unit Bisnis, yang semuanya ditempatkan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat.Komplek ini menempati lahan seluas 66 hektar. Khusus Direktorat Produksi , memperkerjakan 1546 karyawan yang terdiri dari 1072 karyawan dipabrik dan 474 karyawan di bagian staff.

 VI. SARAN
 Demikian informasi yang saya sampaikan, jika ada kesalahan dalam tulisan s mohon dimaklumi. Saya menerima kritik dan saran dari para pembaca.

0 komentar:

Posting Komentar

 

trigitafy Template by Ipietoon Cute Blog Design